Prinsip Dasar bahan kimia

Wiki Article

sunting sumber]

Baja lebih keras dari besi karena atom-atomnya terikat dalam struktur kristal yang lebih kaku. Kayu terbakar atau mengalami oksidasi cepat karena ia dapat bereaksi secara spontan dengan oksigen pada suatu reaksi kimia jika berada di atas suatu suhu tertentu.

Karyawan perlu mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang tepat tentang bahaya materials kimia di tempat kerja. Bagian ini akan membahas pentingnya kesadaran akan bahaya, pemahaman terhadap tanda-tanda peringatan, serta pelatihan tentang cara menghindari paparan materials kimia.

Bahan kimia cair memiliki bentuk yang mudah berubah dan tidak memiliki bentuk tetap. Contoh bahan kimia cair adalah air, minyak, dan alkohol. Bahan Kimia Gas

Sebuah ikatan kimia dapat berupa ikatan kovalen, ikatan ionik, ikatan hidrogen atau hanya karena gaya Van der Waals. Masing-masing jenis ikatan dianggap berasal sejumlah potensial. Potensial ini menciptakan interaksi yang memegang atom bersama-sama dalam molekul atau kristal.

Transfer energi dari satu zat kimia ke zat lain bergantung pada ukuran kuanta energi yang diemisikan oleh satu zat. Namun, energi panas sering kali lebih mudah ditransfer dari hampir semua zat ke zat lain karena fonon yang bertanggung jawab terhadap tingkat energi vibrasi dan rotasi dalam suatu zat, memiliki energi yang jauh lebih sedikit daripada foton yang digunakan untuk transfer energi elektronik.

Dalam lingkungan kerja, seringkali kita berurusan dengan materials kimia yang dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan dan keselamatan kita. Pemaparan jangka panjang terhadap content kimia berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk iritasi kulit, gangguan pernapasan, kerusakan organ, bahkan kanker.

Ketika tiga keadaan bertemu berdasarkan kondisi tertentu, keadaan tersebut dikenal sebagai titik tripel dan karena ini merupakan invarian, hal ini merupakan cara yang mudah untuk menentukan satu established kondisi.

Zat kimia sering disebut 'murni' untuk membedakannya dari campuran. Contoh umum zat kimia adalah air murni; ia memiliki sifat yang sama dan rasio hidrogen terhadap oksigen yang sama, baik diisolasi dari sungai maupun dibuat di laboratorium.

Manajemen memainkan peran penting dalam pengelolaan content kimia di tempat kerja. Bagian ini akan bahan kimia berkualitas membahas peran manajemen dalam menyediakan sumber daya yang cukup, memastikan kepatuhan terhadap peraturan, dan menciptakan budaya keselamatan yang kuat di lingkungan kerja.

Kimia analitik adalah studi yang melibatkan bagaimana kita menganalisis komponen kimia dalam sampel. Berapa banyak sebenarnya kafeina dalam secangkir kopi? Adakah obat-obatan yang ditemukan dalam sampel urin atlet? Bagaimana tingkat pH kolam renang saya? Contoh bidang yang menggunakan kimia analitik meliputi ilmu forensik, ilmu lingkungan, dan pengujian obat.

Bahan kimia oksidator memiliki manfaat yang besar dalam berbagai industri. Namun, penggunaan bahan ini juga memiliki bahaya yang harus diwaspadai. Bahan kimia oksidator dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan mata. Selain itu, jika bahan ini digunakan secara tidak benar, dapat menyebabkan ledakan dan kebakaran.

Warna dari satu bahan kimia (merah Nil) dalam pelarut yang berbeda, di bawah sinar UV dan sinar tampak, menunjukkan bagaimana bahan kimia berinteraksi secara dinamis dengan lingkungan pelarutnya. Zat kimia (juga disebut zat murni) didefinisikan sebagai "semua material dengan komposisi kimia tertentu" dalam pendahuluan buku teks kimia umum.[4] Menurut definisi ini, sebuah zat kimia dapat berupa unsur kimia murni atau senyawa kimia murni. Tetapi, terdapat pengecualian untuk definisi ini; suatu zat dapat juga didefinisikan sebagai suatu bentuk materi yang memiliki baik komposisi yang pasti dan sifat yang berberda.

Senyawa yang dasar utamanya adalah atom karbon dan hidrogen disebut senyawa senyawa organik, dan yang selainnya disebut senyawa anorganik. Senyawa yang mengandung ikatan antara karbon dan logam disebut senyawa organologam.

Report this wiki page